Membidik dan Memahami Penggila Diet dan Fitness Ala Denny Santoso
July 19 2011 | By maria
brigitta
Denny Santoso adalah seorang
pengusaha yang kini menjalankan bisnisnya dengan sistem new wave
marketing. Seperti yang dapat dilihat dari biografi twitternya, @dennysantoso, Denny merupakan pakar diet dan fitness yang menyajikan
segala macam informasi termasuk menjual suplemen untuk kesehatan,
termasuk dalam pembentukan tubuh. Bisnis inti Denny Santoso adalah di
bidang jasa konsultan diet dan fitness serta distributor resmi berbagai
macam suplemen Ultimate Nutrition untuk Indonesia.
Pada mulanya, Denny
menjalankan bisnis sebagai distributor berbagai merk suplemen nutrisi
impor dari Amerika Serikat. Bisnis itu pertama kali
dibuka di Malang di bawah bendera PT. Jaya Sportindo, sebuah badan usaha
yang didirikan Denny Santoso. Seiring berjalannya
waktu, PT. Jaya Sportindo pun semakin mengerucutkan fokusnya pada
pendistribusian suplemen bermerk Ultimate Nutrition saja. Produsen
suplemen ini adalah Ultimate Nutrition, Inc. yang berlokasi di
Farmington, Connecticut, Amerika Serikat. Sejarah perusahaan yang
dipaparkan secara singkat di website www.sportindo.com menggambarkan
bahwa upaya pemasaran yang dilakukan Denny Santoso dan timnya
mengalami pergeseran dari era legacy ke new wave marketing.
Di tahun-tahun awal pendiriannya, Denny
Santoso menjalankan proses pemasaran secara klasik, yaitu dengan membuka
jaringan di berbagai kota potensial di Indonesia. Dalam hal penyebaran
informasi dan promosi, pada mulanya digunakan media SMS center.
Selanjutnya, Denny Santoso dan tim menerbitkan majalah gratis bernama
Nutrist yang memuat informasi berbagai produk Ultimate Nutrition,
disusul dengan dibukanya website resmi PT. Jaya Sportindo, yaitu www.sportindo.com.
Dari
kelompok youth, segmen yang dibidik Denny Santoso lebih kepada kelompok
star. Seperti yang telah dijelaskan bahwa kelompok star di sini adalah
anak muda yang cenderung idealis dan popular, mempunyai pengaruh yang
besar untuk peer groupnya, mempunyai tujuan hidup yang jelas bagi masa
depannya, namun cenderung fokus pada dirinya sendiri. Jumlah mereka
kurang lebih 25,2 % dari total anak muda di Indonesia. Anxiety mereka
terlebih pada kurang sempurnanya performa mereka sehingga dapat memicu
menurunnya popularitas. Selain itu, mereka juga gelisah jika masa
depannya tidak sesuai target. Sementara itu, desires mereka adalah
penampilan yang membuat orang selalu tertarik dan mempopulerkan mereka.
Youth dalam golongan “star” ini cenderung akan berupaya untuk membuat
diri mereka selalu sempurna untuk dilihat. Dari keempat golongan youth,
golongan “star” cenderung memperhatikan kesehatan, karena masa depan
tentunya dapat dicapai dengan kesehatan dan penampilan yang baik.
Menilik anxiety dan desires golongan “star”, Denny berhasil menciptakan
suatu produk jasa konsultasi diet dan fitness yang satu paket dengan
suplemen nutrisi penunjangnya. Dengan kemampuannya yang terintegrasi,
Denny dapat menyiapkan satu wadah khusus untuk para “star youth” ini
memperoleh informasi yang dibutuhkannya dalam dunia diet dan fitness
secara one-stop service melalui berbagai media yang juga terintegrasi.
Produk ini mewujudkan desires mereka untuk membentuk penampilan yang
menarik dan memancing popularitas.
Segmen Women
Seperti yang telah dijelaskan dalam buku
Anxiety and Desires, kegelisahan terbesar wanita adalah pada kesehatan.
Sebagian besar wanita ingin selalu sehat karena ia hanya dapat
memberikan hal-hal terbaik pada keluarga apabila ia sendiri dalam
kondisi yang sehat. Kesehatan juga menunjang kecantikan yang tentunya
menjadi kegelisahan setiap wanita. Pada umumnya, wanita akan selalu
gelisah jika keluar rumah tanpa terlihat menarik. Akan tetapi, sebagian
besar wanita juga malu jika orang lain mengetahui caranya untuk membuat dirinya untuk tetap menarik. Karena itulah,
sebagian besar wanita tentu tidak akan mengakui jika ia melakukan suntik
kurus, liposuction, bahkan operasi plastic untuk membuat penampilannya
menarik. Mengetahui anxiety women yang seperti
itu denny santoso menyajikan produknya dalam bentuk online, jadi mereka
dapat mencari informasi tanpa harus diketahui orang lain, bahwa mereka
ingin melakukan proses diet, dengan kata lain Privasi dan identitas para
women dapat disembunyikan.
Selanjutnya, menilik dari desires wanita yang telah diutarakan
dalam buku Anxiety and Desires, perempuan lajang cenderung berkeinginan
untuk meningkatkan karirnya. Sementara itu, perempuan berkeluarga
memiliki keinginan yang tinggi terhadap kondisi dan kualitas keluarga
terutama pasangan dan anak-anaknya. Adapun untuk meningkatkan karir
maupun memperhatikan kualitas hubungan dalam
keluarga, wanita memerlukan kesehatan yang menunjang semua itu. Kata
kunci dari desires ini pun akan ditunjang jika wanita itu memiliki
kesehatan dan kecantikan.
Secara keseluruhan, produk Denny Santoso ini menunjang desires
wanita untuk memiliki kesehatan dan penampilan yang menarik. Dalam
beberapa websitenya, Denny juga mematahkan mitos yang sebelumnya beredar
di pikiran para wanita. Ia mampu menyajikan penjelasan dalam tata
bahasa yang mudah dipahami dan rasional sehingga wanita dapat mendalami
setiap informasi secara rasional dan pada akhirnya mengikuti pola diet
dan fitness Denny Santoso. Pada akhirnya, hasil yang mereka dapatkan pun
sejalan dengan apa yang mereka harapkan.
Segmen Netizen
Menjalankan bisnis dengan menggunakan media internet
merupakan cara Denny Santoso membidik para Netizen, dimana mereka dapat
dengan mudah mengkases situs-situs yang berisi tips-tips Diet yang sehat
serta pola fitness yang baik. Selain itu Denny santoso juga mampu
menangkap Anxiety dan desire para pelanggannya yang sebagian besar
merupakan netizen, yaitu dengan melalui jejaring social seperti,
Twitter, Facebook.
Kemudian
seiring perkembangan teknologi, dibukalah mailing list yang secara
sederhana mulai menampung dan menciptakan komunitas akan mereka yang
memiliki kebutuhan informasi seputar fitness dan diet. Denny sendiri
mulai memperkuat brand dirinya sebagai pakar diet dan fitness
dengan menciptakan website www.dennysantoso.com yang berisi berbagai
macam informasi seputar dunia diet dan fitness tersebut. Walaupun menggunakan media internet bukan berarti denny
hanya melakukan komuniksi satu arah saja namun komunikasi ini tetap
berjalan dua arah , jadi setiap saat para customer ingin menanyakan
sesuatu tentang tips-tips diet dan fitness sera jika ada pertanyaan
seputar tata cara penggunaan produk-produk dari Denny, mereka dapat
menanyakan hal tersebut di website yang telah disediakan. Dengan cara
seperti inilah denny menjaga hubungan yang baik dengan para customernya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar